Pengurusan SIM POLRES METRO TANGERANG

Bagi yang ingin mengurus SIM baik baru maupun perpanjangan di POLRES METRO TANGERANG, semoga tulisan ini berguna. Pengurusan SIM di Tangerang, setahu saya mulai Januari ini, prosedurnya adalah normal, tidak ada calo-caloan, tembak-tembakan, dll yang keluar dari prosedure normal. Ini saya buktikan sendiri ketika saya mengurus SIM disana. Penghargaan bagi POLRES Tangerang yang telah memprakarsai ini, setidaknya ini menghilangkan tradisi celah” korupsi.

Berikut beberapa langkah yang semoga berguna:
1. Siapkan surat keterangan sehat dari dokter. Boleh dari dokter mana saja. Surat keterangan ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan SIM tsb. Jika ingin mengurus 2 SIM (A&C misalnya), cukup 1 surat keterangan saja. Pengalaman saya, ketika saya tanya di bagian depan, diminta menyiapkan 2 surat keterangan jika ingin bikin 2 SIM, tetapi setelah saya bikin 2, ternyata setelah mengikuti proses sampai selesai, yang diperlukan cuma 1 (jadi keluar 15rb sia-sia deh :) ). Sebaiknya surat ini sudah disiapkan dari rumah/sblm sampai di POLRES, jadi ketika sampai di bagian SIM langsung bisa masuk untuk mengurus berikutnya. Karena jika belum mambawa surat ket tsb belum boleh masuk ke bagian pengurusan SIM. Biaya pembuatan surat keterangan ini biasanya berkisar antara 10rb s/d 15rb. Tetapi jika terpaksa tidak sempat bikin dari rumah, di dekat POLRES situ ada RS KASDIM (sktr 200m dari POLRES). Siapkan juga fotocopy KTP 5 lbr, karena beberapa loket pengurusan meminta fotocopy KTP tersebut.
2. Bayar di Bank (lokasi pembayaran di dalam kompleks pengurusan SIM) dengan menunjukan Surat Ket Dokter dan KTP serta memberikan fotocopy KTP. Untuk Baru biayanya Rp.75rb, sedangkan perpanjangan Rp.60rb. Perpanjangan jika masa berlaku SIM anda expirednya masih kurang dari 1tahun, jika lebih dari itu berarti bikin baru. Dari sini, anda akan mendapat resi bank & formulir sesuai dengan SIM yang akan anda ajukan. Isilah formulir tersebut sesuai dengan petunjuk pengisiannya. Petunjuk beserta contoh pengisiannya ada di tempat khusus buat mengisi formulir tsersebut di depan loket Bayar Bank tersebut. Untuk itu, sebaiknya anda menyiapkan pulpen warna hitam dari rumah agar disana tidak cari” pinjaman ke orang karena mrk akan sibuk masing-masing. Pulpen yang disiapkan adalah yang tidak cair. karena jika diisi dengan pulpen cair, akan dikembalikan.
Keterangan: Loket Bank ini akan tutup jam12. Jadi datanglah sebelum jam12 itu.
Pengalaman saya:
ketika pertama kali saya datang kesana sktr jam 10:30. karena waktu itu saya buta prosesnya, ketika sampai di depan bagian SIM, ditanya sdh bawa surat dokter + fotocopy KTP blm? jelas sy belum bawa. Untuk itu diminta bikin surat dokter, di dekat situ yg ada di KASDIM. setelah dapat surat dokter dari KASDIM, balik lagi ke situ lagi dg menunjukan surat dokter+KTP, eh diminta datang lagi besoknya karena loket banknya sudah tutup. (kenapa gak dikasih tau dari awal tadi ya..??) Orang yang senasib dengan saya itu banyak sekali :).
3. Jika menginginkan asuransi (asuransi ini sifatnya tidak wajib), bayar asuransi di loket asuransi (posisinya di sebelah loket Bayar Bank) dengan memberikan fotocopy KTP. Biaya asuransi Rp.15rb baik untuk SIM A maupun C.
Untuk no.2 & 3 ini, prosesnya bisa dilakukan tidak urut, terserah mana dulu loketnya yg lebih kosong antrian.
4. Serahkan formulir yang telah diisi dengan benar ke bagian pendaftaran. Disini anda harus menyerahkan KTP asli, surat ket dokter, dan resi bank. Dari sini, anda akan mendapatkan no urut, jika perpanjangan no urutnya warna biru, jika Baru warna coklat. Setelah itu, untuk yang perpanjangan, nunggu dipanggil di ruangan/bagian foto. Sedangkan untuk yang Baru, nunggu panggilan ujian teori.
5. Ujian teori. Ada 30 soal pilihan ganda (A, B, C), yang harus diselesaikan dalam 30 menit (lupa ding, kalau gak 30 ya.. 60 menit). Dalam 1 ruangan kurang lebih cukup untuk 60orang (saya lupa pastinya). Soal dengan sebelah”nya maupun depan/belakangnya kemungkin besar akan beda. Kriteria lulus & tidaknya, dari 30 soal itu, maksimal salah adalah 12, jika lebih dari itu maka tidak lulus. Materi soal adalah sesuai dengan rambu” lalulintas maupun kegiatan mengendara yang sering kita jumpai tiap hari. Pelaksanaannya secara manual (seperti test biasa) dengan menyilang jawaban yang dianggap benar pada lembar jawaban. Dulu saya pernah terlibat dalam tim pembuatan prototype sistem Ujian SIM ini secara computerized, juga SIMULATOR buat ujian prakteknya maupun buat klinik mengemudi, tapi tidak berlanjut.
Keterangan: Hasil ujian teori ini bisa langsung ditunggu begitu pelaksanaannya selesai, kita juga dikasih lihat hasil test kita (brp yang salah, dibagian mana). Dari hasil pengamatan sekilas saya, hampir separuh yang ikut test teori ini tidak lulus. Ini karena kebiasaan sistem lama yang main tembak”an sehingga orang yang mau ambil SIM juga asal”an atau juga karena kurangnya sosialisasi dari POLRI ya? hmm… Jika ujian teori ini tidak lulus, akan diberi kesempatan kedua dengan datang satu minggu lagi untuk mengikuti ujian teori, jika masih tidak lulus, akan diberi kesempatan lagi dengan datang 1 bulan ke depan.
6. Ujian praktek. Yang telah lulus ujian teori, kemudian menunggu panggilan untuk pelaksanaan ujian praktek.
Untuk SIM C, ujian praktek dilaksanakan dengan jalan berkelok-kelok (zig zag) sktr 5 belokan dimana bagian kiri dan kanan diberi pembatas yang sangat sempit (sktr 80cm), kemudian mengitari 2 lingkaran dan kembali lagi ke jalan zig zag tadi lagi. Ketika jalan zig zag, tidak boleh kena pembatas, jika kena pembatas maka dinyatakan tidak lulus. Ketika mengitari lingkaran, harus didalam lingkaran. Jika keluar lingkaran maka dinyatakan tidak lulus.
Untuk SIM A, ujian praktek dilaksanakan dengan jalan di tanjakan kemudian berhenti total pas di tanjakan tadi pakai rem tangan serta posisi gigi di nol kan lagi. Setelah itu jalan lagi dimana mobil tidak boleh mundur sedikitpun, jika mobil sampai mundur maka dinyatakan gagal. Selanjutnya test parkir dengan letter L (mundur), posisi parkir dikasih pembatas yang hanya hampir pas dengan mobilnya saja. Pengendara hanya boleh melihat lewat kaca spion. Jika mengenai pembatas maka dinyatakan tidak lulus.
Pelaksanaan ujian praktek ini, dalam setiap test hanya dikasih kesempatan 1x saja. Artinya jika tidak lulus pada saat itu, maka tidak dikasih kesempatan mengulang lagi pada hari yang sama. Kesempatan mengulang kedua diberikan 1 minggu setelah tidak lulus. jika kesempatan kedua tidak lulus juga, dikasih kesempatan lagi untuk kembali 2bulan setelah tidak lulus itu. Berdasarkan pengamatan saya: Dari 10 orang yang ikut ujian praktek, hanya 3-4 orang yang lulus.
7. Pengambilan foto. Bagi yang dinyatakan lulus ujian teori&praktek, berikutnya adalah menunggu panggilan untuk pelaksanaan foto. Pengambilan foto ini sudah dilaksanakan secara computerized, termasuk didalamnya tanda tangan dan pengambilan sidik jari.
8. Pembagian SIM. Setelah selesai di foto, tinggal menunggu panggilan untuk mengambil SIM yang telah dicetak.
9. Bagi yang ambil asuransi, kartu asuransi bisa diambil di loket asuransi
9. Selesai

Somoga bermanfaat.

About these ads

56 responses to “Pengurusan SIM POLRES METRO TANGERANG

  1. klo kita membuat sim c dan pada saat ujian praktek kita tidak menyenggol balok maka lulus, tapi kalau kita tidak menyenggol balok tapi kaki kita turun ke tanah apakah itu gagal juga ?

  2. Hehe…gagal juga Mas…
    Jadi selama proses ujian praktek itu, posisi kita dalam keadaan mengendarai motor yang sedang jalan (kaki tdk boleh turun ke tanah)

  3. mei 2009, prosedur diatas sudah berubah:
    – tidak ada nomer urut …adanya dipanggil nama
    – pungli Rp 50.000 di loket pendaftaran perpanjangan SIM … petugas dg santainya bilang “biaya proses”

    Tolong KPK, polres tangerang bagian SIM ‘diproses’ hehehe

    • Setuju, cari2 info buat perpanjang SIM di tangerang sekarang dah balik ke system “dulu” lagi. Denger2 sekarang biayanya bisa sampe 180 ribu.

  4. sorry maksudnya 2008

  5. Saya baru dapat informasi bahwa sekarang mulai prosedure resmi lagi sambil ditungguin KPK katanya..hehe.. , kurang tau, informasi itu benar or tidak, saya sendiri tidak ngecek langsung soalnya

  6. makasih banyak infonya…banyak orang punya info untuk yg laen..ada yg ga mau kasih tau orang laen…ada yg mau… info seperti nya banyak yg membutuhkan….makasih banyak mas imam.. semoga..Allah mencatat semua amal ibadah anda..

  7. mohon informasinya, ktp saya tangerang sementara sim masih dki jadi saya pingin mutasi ke tangerang diamana saya mengurusnya ( alamat ) apa syaratnya dan berapa kira2 biayanya? terimaksih atas informasinya…

  8. thx oom bru pengen bikin bsk nich..skrg dah ada bayangannya deh……hrs siap 2x dlu nich thx u ya…

  9. terima kasih buat info penting ini, semoga saya berhasil dptkan sim tangerang :)

  10. saya hari ini ngurus ke samsat daan mogot, tapi memang parah dan bajingan tuch calo dan oknum polisi, yang tidak bayar tidak lulus…

  11. wah mantab bener tu polres metro tanggerang…
    jangan seperti tempat gw.. di M***a Enim, Palem**ng. belum lama ni gw buat sim C, (buat baru karena sim yg dulu ilang). trus pas BUAT gw ditanya bawa duit berapa. trus gw bilang “bawa seratus ribu pa…” terus salah satu polwan bilang “klo gitu ngurus sendiri aja…”.. dalam ati gw bialng “anjrit lo..” dan akhirnya.. polisi tu bilang.. “Klo ada 250.000 bisa dibuatin simnya… klo ga ya pulang aja”.
    ternyata hal ini terjadi kepada semua temen2 yang mau buat sim….. “mohon doanya biar Polisi2 di bagian SIM insyaf sebelum malaikat menjemput…. (eh salah…. kpk maksudnya.. :p)”

  12. maaf pak sekedar info saja, kemaren sy urus SIM C di polres tgr tgl 29-11-2008, masih bisa nembak ko, malah klo kita nembak jwban soal teorinya di kasih tau sm pak polisi dan gak perlu test praktek,,,

  13. Mo Cerita pEngalaman nih…
    Kemarin bikin sim C juga di Polres Tangerang,
    Belum masuk kantor di tawarin 400 ribu sama polisi I di warung samping polres trus g bilang mahal pas masuk kantor ketemu deh yang namanya calo I,nawarin 400 ribu juga katanya “mmg segitu harganya”,g blang cuma bawa uang 320 ribu -kata calonya “pulang dulu ambil uang”g masuk aja trus tiba-tiba di samperin lagi calo IIyang lainnya bilang 380 ribu, trus ada lagi calo III nawarin 360 ribu “dianya bilang urus sendiri aja lebih murah”.Eh pas mo cap stempel ditangan Polisi II lagi nawarin 400 ribuKarena ngga ada yang mau d4ngan harga 320 ribu,g akhirnya urus sendiri aja,.Pas mo bayar asuransi g ditawarin lagi sama ‘katanya dia orang dalam’ 350 ribu kerjaanya yang kasi contoh ujian praktek,pake baju putih ,kumisnya tebal.dia ngga mo juga dengan uang g.akhir g trusin aja niat g u/ urus sendiri tanpa calo, bayar 75 di bank,15 ribu asuransi,Ket.KESEHATAN sudah punya bawa dari rumah.udah ikut tes teori LULUS,prakteknya yang Tidak LULUS karena jatuhn balok padahal sudah hampir selesai tinggal dua balok lagi kata Pa Polisinya “kaki lo gemetaran sih”.HE…HE…
    Singkat cerita akhirnya buntut2nya pake calo IV juga buat bayar lulus praktek 150 ribu.
    Kesimpulan:
    Pake calo 350 ribu-400 ribu pasti LULUS
    Pake calo cuma Tes Praktek, 15 ribu(asuransi)+75 ribu(bank)+15 ribu(Ket.Kesehatan dari Puskesmas dekat rumah)+150 ribu (calo)=Rp 255 ribu rupiah.
    Banyak nyamuk eh salah ,,calo di polres tangerang gara-gara kamu u..u…(KPK)
    malas bersih-bersih

  14. alamat polres metro tangerang

    Trimakasih mas, atas infonya.

    Mas, klo alamat Pelres Metro Tangerang itu mana ya? Klo dari kolam renang sektor 1.3 BSD, naik kendaraan umum (angkot) arah yg kemana ya? Oya, liburan Natal/Tahun baru gini, Polres tutu/buka? Aku cari alamat website Metro Tangerang kok gak ketemu ya?

  15. Mau Sharing. Soal Ujian Teori SIM ada lengkap di http://www.indonesia-policewatch.com/adil/sim.php. Semua ada 100 soal latihan, dan memang sama dg yg diujikan. Sayangnya soal-soal yg ada gambarnya gak bisa dipake latihan. Jawabannya emang tdk ada, tp bisa dicoba-2 utk dicari sampe bener, dan aku udh dpt jawabannya.

    Tadi pagi aku tes teori di Polres Tangerang dan sukses, Lulus! Sayangnya pas test praktek SIM A/C gagal semua, dan emang dari semua yg test (yg aku amati sekitar 20-an) gak ada yg lulus praktek. Ada juga spt yg berusaha nego, tapi gak dilayani. Salut!!

    Emang dg kondisi yg ada (mobil emang bagus, tapi stelan gas, rem gak biasa; trus tempat parkir yg mepet bgt; rintangan utk spd motor yg sempit, dll) … sepertinya memang standar test-nya tinggi.

    Aku menganggap itu sbg tantangan aja (daripada negative thinking). Btw, klo ada teman-2 yg sdh lulus tes praktek, mohon diinfokan tips & trik-nya donk..

    Ok, sabtu depan aku diminta datang ke Polres lagi utk tes praktek lagi. Doain kali ini lulus ya… Pasti mantap bgt pegang SIM yg benar-2 hasil ujian dg standar yg ketat spt itu.

  16. Kalau mau perpanjang sim A atau C lebih baik cari bis pembuatan sim keliling karena lebih sederhana prosedurnya dan sedikit lebih cepat. Bis ini pindah-pindah jadi sebaiknya telp dulu 5522322 atau ke polres untuk tahu lokasinya. Minggu ini misalnya mereka ada di terminal cimone tangerang. Biaya untuk perpanjangan sim A adalah sekitar 125 ribu, kemarin dulu karena sim saya sudah mati seminggu kena 150. Kalo baca di kuitansinya sih mestinya cuma 120 rb. Ga papa lah buat kopi and rokok petugasnya. Cukup ngantri dan menyiapkan fotokopi ktp 2 lembar dan sim asli. Setelah itu bayar dan dikasih formulir sederhana untuk diisi. Setelah itu nunggu untuk difoto dan jadilah sim baru. Keseluruhan proses makan waktu kurang lebih 3 jam (kebanyakan nunggu). Saran saya datang pagi-pagi supaya dapat no kecil. Oya bus ini standby dari jam 9 s.d jam 13.

  17. Ralat bukan 3 jam tapi 2 jam aja. Saya datang jam 9.10 selesai jam 11 lewat dikit.

  18. saya sudah coba buat sim di Polres Metro Tangerang, sabtu 23-01-09… baru sampai di dpn polres lgsg di suruh pak polisi parkir di gang sebelah kantor polres… setelah itu di tawarin jasa pembuatan sim 350rb (wew, KPK kerja gk sih??)… saya menolak… masuk kedalam ditanya polisi di pos luar, ditawarin jasa lg…. jalan sebentar ke dalem ditawarin lg ama calo (pake baju bebas)… semuanya saya tolak karena memang niat proses sendiri…

    Setelah proses pembayaran selesai (total 110rb) saya mengikuti tes teori dan lulus… setelah itu sialnya tes praktek saya gagal karena menyenggol pembatas zigzag 1x…

    yg saya perhatikan sewaktu tes teori ada yg masuk ditemani calo berseragam polisi… lalu tampaknya pagi itu yg menjalani tes praktek sim c hanya saya sendiri padahal banyak sekali yg sudah mengantri untuk di foto, karena sewaktu saya tes praktek motornya belum sempat dipanaskan sama sekali…

    tanggal 31 nanti saya dtg lg untuk tes kedua… doakan ya mudah”an berhasil… oya, soal” tes teori dari link yg diberikan bp. Eka sama sekali tidak ada yg keluar tp thx udah berusaha memberitahu… ^^

  19. haha akhirnya lulus jg… asalkan konsentrasi penuh pasti bisa kok.. .

    btw, thx ya bpk. Imam M Shofi bwt infonya..

  20. Pak klo sim ilang ngurusnya gmn ya? Ada yang punya informasi ga? Jatohnya kaya buat sim baru apa perpanjang?
    Tolong infonya ya.
    Thx

  21. Barusan coba bikin SIM A Baru,… gagal di praktek… hiks…
    Setelah lihat si pak Polisi demo, saya perhatikan setir depannya membuat si mobil mundur ke kanan sedikit… soalnya kalo kita langsung kiri, mgkn lolos blok yang terdepan, tapi blok yang tengah yg kanan biasanya jatuh…
    Kalo bisa jangan begitu dengeri si pak Polisi.. menurut saya sih itu malah menjebak kita utk gagal tes praktek parkir L, dan akhirnya menawarkan bantuan… hehehe…
    so,…. kalo menurut saya mundur kanan full sedikit (30 cm – 50 cm) abis itu stop, full banting kanan, baru mundur, cocokin/rapetin mobil dengan tiang kiri.. spion kanan ga banyak membantu utk masuk pertama kali..

    Moga2 di test berikutnya bisa ngepraktekin hal2 di atas neh..
    Wish me luck yaa…

  22. aku dateng ke polres tangerang akhir des 2008,…….. sambutan yang diberikan sama banget kayak ceritanya allen ma ilham……..

  23. kalo ktp saya kabupaten tangerang (serpong) buat sim-nya hrs kemana ya? saya tanya orang dishub katanya yg di polres tangerang itu utk kotamadya, kalo kabupaten harus ke tigaraksa. asli gelap bgt krn saya baru pindah kesini jd gak ngerti. mohon pencerahannya kawans!
    thanks before!
    ray hg

  24. Semoga apa yg diharapkan banyak orang dlm mencari SIM dpt ter-realisasi dgn benar, mudah
    mudahan Polisi dpt mewujudkan, jadilah polisi yg jujur seperti Pak HUGENG, Polisi tidur dan Polisi si POLIN. selamat bertugas, sukses selalu dlm mengangkat citra polri kedepan……..

  25. pa , klo sudah ketilang gmn?
    sabtu tgl 30 mei 2009 saya di tilang karena tidak pakai helm dan tidak punya SIM, trus saya di suruh polisinya bayar di bank atau bisa di titip ke dia sebesar Rp 150.000

    yang mo saya tanyain bener ga sih pak klo ga pake helm dan ga punya SIM besarnya denda
    Rp 150.000

    karena saya ga di beri pilihan lain, bayar ke bank atau titip ke polisinya

    makasih pa jawabannya….

  26. susah ngilangi budaya calo percaloan di negeri impian ini, sudah mendarah daging

  27. Mana pelayanan prima ya
    – Mulai sosialisasi yang cukup bagi pemohon biar ujian tulis lulus banyak
    – kalo kita lewat jalan sempit naik motor ya pelan-pelan kaki mungkin turun tapi diujian prakteknya beginian dianggap gagal

  28. Mau tanya,

    Bisa tidak, perpanjang SIM di Tangerang tapi KTP beralamat di jakarta.

    Berhubung kos / tempat tinggal sementara dan kerja di kawasan tangerang.

    Alamat di KTP Jakarta Selatan.

  29. Klo KTP saya alamatnya Pondok Cabe, Kel. Pamulang, Kab. Tangerang bikin SIM di mana ya….?

  30. Terima kasih infonya.. :)

  31. Semoga yang memberi info benar akan mendapat pahala, semoga bagi anggota polri yg bekerja sesuai aturan akan dimurahkan rezekinya serta membawa barokah amin.

  32. 05/2010 gw mo perpanjang sim A/C gw dtng jam 10 lwt dikit.. truz gw tanya sm pak provost di dlm tanya prosedur perpanjangan sim seperti ap? truz di kasih tau deh sama pak provost yg baik hati itu.. pas gw baru dtng jam 10 lewat dikit. ternyata loket perpanjangan SIM udah tutup. parah bgt dah pas gw lg berdiri di depan loketnya tu.. waduh korupsi waktu tu (ada konspirasi jg tu) tujuannya biar bisa pake orang dlm( baru jam 10 lewat).. truz gw minta tolong bantu sm bagian informasi, gila bgt 230 rb bro 1 sim padahal asuransi sm kesehatan gw udah bayar coba 230 x 2 deh (gw urus sendiri lho).. udah gitu gw di bawa k loket asuransi sm orang informasi, di kasih gw sm orng nya yg agak gondrong langsung di tembak 400 rb gw tawar ga bisa bro truz ad ce juga nyeletuk iya emang segitu.. tolong KPK benahi mereka klo bisa mutasi aj tu orang yg ad di proses pembuatan sim cari yg muda2 aj.. tp cari yg muda kira2 polisi blom kenal duit.. (Mending di BIS Keliling aj lebih mudah)

  33. Keren bro blog nya, sangat membantu, ntar ane bantu sebarin link nya deh.

    Keep sharing the truth bro, brantas Praktek Korupsi di Kepolisian RI.

  34. apa yg bagus mas…. sy baru aja memperpanjang sim A saya ,ternyata msh ada jga calo dr oknum dalam sendiri ,sy yg seharusnya bayar bank 80 rb menjadi 100.000

  35. alamat ktp saya di jl.raya peusar kampung binong curug tangerang.saya mau ngurus barus sim C ke samsat manakah saya mengurusnya? tq

  36. bohong nih..!
    saya ikut yang normal karena memang saya memilih dengan hati nurani untuk megurangi celah-celah korupsi.

    anehnya disana jarang sekali yang peraktik mengendaaarai kendaraan. seharusnya yang peraktik mengantri nunggu giliran.
    tidak lama pertanyaan saya terjawab. saat masuk ke dalam saya ditawari oknum polisi yang menjaga pos depan. dia bilang,”mas mau bikin sim yah? mau dibantu mas?”
    saya hanya bilang,”ga usah pak, saya yg biasa aja”
    setelah saya sampai di area pembuatan sim, ada seorang calo ngajakin negosiasi harga sim untuk dibantu. dia menawarkan harga 450rb rupiah lalu saya tolak.
    dan pada akhirnya beginilah saya. harus bolak-balik polres untuk membuat sim karena saya masih gagal.

  37. Tanya :
    1. Saya skrang berumur 60 tahun, apakah masih perlu memperpanjang SIM ?
    2. Alamat saya di Pondok Aren , Tangerang Selatan. Ke SAMSAT manakah untuk pengurusan perpanjangan SIM ?
    3. Berapa tarip resmi ?
    Tks.

  38. Saya coba urus sim kemarin 24 des 2010 di polres metro tangerang, calo mulai dari gerbang sampe ke dalam, trus markup biaya. Karena di minta bayar tidak sesuai tarif yg dipampang besar2 itu. Saya putuskan tidak jadi urus meski telah bayar 50rb utk kesehatan dan asuransi. Kapan pelayanan publik di negeri ini baik ?

  39. no tlp samsat tangerang gag jelas!!
    maen oper2n…
    wuuu..
    pelayanannya gag bagus,
    dh di tlp tp gag diangkat..
    salut deh,, :-)

  40. Lg ngurus SIM (mutasi + perpanjang + mati) di tangerang nih bro, td br masuk polres udah ada yg menyambut ‘bisa dibantu mas?’ trus langsung gw tembak brapa? 350rb buset mahal amat ya, gw bilang udah ada surat mutasi + surat dokter trus turun jd 280rb gw bilang lg masih mahal trus akhirnya die nyerah. Diurus sendiri aja sana mas. Pas gw masuk (ujung sebelah kanan pojok) langsung bayar ASUransi 30rb trus byr SIM + denda 150 rb trus tinggal nunggu foto deh. Jd total abis 30rb + 150rb + 25rb (surat keterangan sehat dr dokter bw sendiri dr rumah biar cpt) = 205rb. Buat yg mo ngurus SIM, urus sendiri aja Bro, gampang + murah + ngurangi korupsi

  41. Mohon info alamat Polres Metro Tangerangnya donk. Kalo misalnya saya naik kendaraan umum, kira-kira naik angkutan apa ya ??
    Lokasi keberangkatan saya dari Perumahan Modern Land . . .
    Tolong pencerahannya donk, thx.

  42. mohon info jadwal perpanjangan sim keliling di tangerang…
    di bualn juli 2011…

  43. Pada saatnya aja bersih dari calo, setelah ga ada isu baru normal…banyak calo baik orang luar maupun dia2 juga. Mental petugas perlu di perbaiki dengan banyak siraman rohani.
    Info Polres TNG : Mengurus SIM A baru Biaya pass Rp 170.000 (Asuransi 30rb, cek kesehatan 20rb, beli formulir di Bank 120rb), jangan taku tes praktek & teori Mudah kok.
    Mengurus SIM C Baru biaya pas Rp. 150.000 (Asuransi 30rb, cek kesehatan 20rb, beli formulir di Bank 100rb) jagan takut tes semuanya mudah.
    Perpanjang SIM A : biaya pas 130rb ( formulir bank 80rb, asuransi 30rb, kesehatan 20rb) coba berani tanpa asuransi dan kesehatan 80rb, asuransi bagi yang mau, kesehatan ga wajib kalao perpanjang.
    Perpanjang SIM C : biaya pas 120rb ( formulir bank 70rb, asuransi 30rb, kesehatan 20rb) coba berani tanpa asuransi dan kesehatan 70rb, asuransi bagi yang mau, kesehatan ga wajib kalao perpanjang.

  44. Pada saatnya aja bersih dari calo, setelah ga ada isu baru normal…banyak calo baik orang luar maupun dia2 juga. Mental petugas perlu di perbaiki dengan banyak siraman rohani.
    Info Polres TNG : Mengurus SIM A baru Biaya pass Rp 170.000 (Asuransi 30rb, cek kesehatan 20rb, beli formulir di Bank 120rb), jangan taku tes praktek & teori Mudah kok.
    Mengurus SIM C Baru biaya pas Rp. 150.000 (Asuransi 30rb, cek kesehatan 20rb, beli formulir di Bank 100rb) jagan takut tes semuanya mudah.
    Perpanjang SIM A : biaya pas 130rb ( formulir bank 80rb, asuransi 30rb, kesehatan 20rb) coba berani tanpa asuransi dan kesehatan 80rb, asuransi bagi yang mau, kesehatan ga wajib kalao perpanjang.
    Perpanjang SIM C : biaya pas 120rb ( formulir bank 70rb, asuransi 30rb, kesehatan 20rb) coba berani tanpa asuransi dan kesehatan 70rb, asuransi bagi yang mau, kesehatan ga wajib kalao perpanjang.

    http://aturankini.wordpress.com/2011/07/16/biaya-sim/

  45. Saran bagi yang masuk ke polres TNG mau ngurus kalo ditanya mau di bantu, jawab ga usah….bisa sendiri dan biayanya cuma 130rb Perpanjang SIM A kan pak! atau 120rb tuk SIM C kan pak!
    he..he..

  46. Ngurus di sim keliling mahal 180rb, padahal jelas2 ga ada tes kesehatan Rp 20.000 dan asuransi Rp. 30.000
    Biaya yang di setor ptugas cuma formulir Rp. 80.000
    Gila ya Rp 100.000 nya lagi ga jelas ke mana larinya….
    coba pikirkan kemana Rp 100.000 itu kali ratusan orang
    wiihh…..tiap hari bisa beli mobil baru….
    tolong dong KPK di selidiki….

  47. pak,jika sy mau membuat plat no pilihan 4 digit seperti (1011 NK ) kira2 butuh biaya berapa pak?

  48. Habis baca blog ini saya langsung ke klinik untuk minta Surat Keterangan sehat. tapi ternyata ga kepakai. mungkin kl di satpas metro masih pake ya.
    kemaren saya urus ke satpas Daan Mogot ga kepake tuh surat dokternya. masih harus tes kesehatan mata disana,bayar 20rb juga. Rugi deh udah ke klinik dkt rumah bayar 25rb x 2 (sama istri). Hux.

  49. pd tgl 18 sy ke polres tangerang utk perpanjang sim tetapi di depan gerbang di tanya mau kemana sy jwb ngurus sim,wah ini udah tutup padahal baru jam 11 siang tetapi bisa di bantu dgn biaya 450 rb

  50. kalau harga terbaru bikin sim C yang bulan februari 2012 brp yaa ?
    dan syarat’a masih sama gag yaa?
    tq ..

  51. hmmm… mestinya yang tidak lulus tes tertulis di berikan buku panduan berlalu lintas ya gan, atau minimal beli lah dan ada yang menjual di sana, tapi nyatanya ndak ada gan, waktu saya ikut tes praktek, kelompok saya hanya saya yang lulus, sebetulnya mudah tapi karena grogi ya jadinya seperti itu, mereka senggol sana injak sini. hehe makasih ya gan, jujur saya nekat ambil jalur resmi salah satunya setelah baca blog ini, hehe, berikut pengalaman saya waktu buat SIM C di POLres Tangerang :
    pengalaman membuat sim c di Polres Tangerang
    makasih ya gan, kalau berkenan baca ya pengalaman saya dan beri komentar, makasih.

  52. Pak Imam Shofi…Bapak polisi ya Pak?

  53. Right now I am being focused on getting my figure just how I
    would like it to be and with the tips I’ve found on your website I can undoubtedly say I’m not far from getting the physique I would like.
    Keep writing more content.

  54. Девушки! кто работает, или работал на консумации за границей, расскажите, что это такое, как есть?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s