Pengen banget bikin buku “Rekayasa Perangkat Lunak” / Software Engineering

Ightanim khomsan qobla khomsin (“optimalkanlah”/”manfaatkan” 5 hal sebelum datang 5 hal yang lain), ila akhirihi..Mungkin rekan-rekan sering mendengar hadits Rasulullah tersebut, saya kira hadits tersebut shoheh setidaknya bukan hadits dhoif, karena banyak dipakai acuan ustadz-ustadz. Rhoma Irama pun dalam sebuah lagunya mengacu pada hadits tsb. 5 hal itu adalah: (optimalkan) masa hidupmu sebelum datang masa matimu, mudamu sebelum tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum datang miskinmu, waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu. Tolong dikoreksi jika ada yang salah, karena ini seingat saya saja, apalagi urutannya (sepertinya tidak urut).
Mengingat hadits tersebut, saya jadi pengen banget nulis buku yang membahas tentang Rekayasa Perangkat Lunak / Software Engineering. Karena saat-saat ini kebetulan saya cukup banyak waktu luang (alhamdulillah, jadi lebih banyak waktu buat membina keluarga daripada waktu-waktu sebelumnya). Semenjak dinyatakan diterima menjadi tenaga pengajar / dosen di salah satu PTN di Jakarta akhir Desember tahun 2007 lalu dan resmi resign dari kantor awal Januari 2008 (tapi saya resign itu bukan karena telah diterima kerja di tempat lain lho.. jauh” bulan sblm saya ngelamar dosen, saya sudah mengajukan resign), praktis waktu luang saya cukup banyak. Ini juga karena SK pengangkatan dosen saya belum turun, kabarnya turunnya sekitar maret/april 2008, jadi sktr 2 bulan kedepan saya akan cukup banyak waktu. Minggu” depan saya harus sudah mulai mengumpulkan bahan-bahan, sayang sekali beberapa bahan beserta contoh-contoh studi kasus ketika saya mengajar dulu telah hilang (harddisk saya rusak & belum sempat backup red), jadi musti banyak menggali dan mengingat-ingat lagi. Untungnya juga, beberapa hardcopy masih ada yang tersimpan walaupun bbrp juga telah terbuang karena kena banjir (ketika banjir 5tahunan thn 2005 yl, rumahku yang di Pamulang ikut kena banjir sktr 20cm, kebetulan pas kami sekeluarga tidak di rumah).
Pertama yang ingin aku tulis adalah buku tentang “Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)”. Dalam buku itu, nantinya aku pengen membahas segala sesuatu tentang RPL secara umum mulai dari pengertian, sejarah, paradigma-paradigma/metodologi-metodologi, dan yang paling penting/intinya adalah proses RPL mulai dari perencanaan (Planning), Analisa Kebutuhan (Requirements Analysis), Perancangan (Design), Implementasi, Pengujian (Testing), serta proses-proses yang mendukungnya (Configuration Management, Verifikasi & Validasi, dll). Juga dibahas mengenai standar yang biasa dipakai dalam RPL sampai pengenalan CMM (Capability Maturity Model).
Buku-buku berikutnya mengenai proses-proses dalam RPL itu, dimana akan dibahas lebih detil Perencanaan sendiri, Analisis Kebutuhan sendiri, dst. berdasarkan pengetahuan teori dan pengalaman” praktis yang pernah aku jalani.
Muluk banget sih cita-citanya, tapi semoga pembuatan buku atau setidaknya diktat kuliah itu dapat terlaksana sehingga semoga dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami perkuliahan nantinya dan dapat memberi manfaat bagi banyak orang. amiin

About these ads

7 responses to “Pengen banget bikin buku “Rekayasa Perangkat Lunak” / Software Engineering

  1. Yang punya referensi baik berupa buku, jurnal, dll. boleh dong dipinjamin :)

  2. Klo Mo Bikin Buku Tentang IT, Saya Dukung Pak Moga Bisa Bermanfaat Bagi Bangsa Indonesia

  3. salut buat bapak yang mau membuat buku, boleh dong saya sharring dgn bapak untuk soft enginerring :)

  4. Pak bosskajur,
    Terimakasih sekali pak jika Bapak mau/berkenan sharing mengenai software engineering. Pengalaman” baik teoritis maupun praktis akan sangat berguna.

  5. salut .. mw bikin buku iah ? mogga sukses iah ! chyo !

  6. Kalo mas nya bikin buku nenk mau jadi org yg paling antusias buat membeli nya. Kebetulan skripsi nenk membuat aplikasi untuk estimasi proyek PL..mungkin ada yg punya referensi bisa berbagi ke nenk..Syukron..:-D

  7. Dulu pas di UIN ga diajarin pelajaran CMM pak. skrg pas lanjut s2 masih ngawang2 ini sama CMM -.- andaikan dulu di UIN di ajarin . hehehe

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s