Semestinya QA dilakukan oleh lembaga independen

Quality Assurance (QA) pada projek pengembangan Sistem/Pelangkat Lunak, semestinya dilakukan oleh lembaga independen. Karena kalau indenpenden, mereka tidak terikat dalam bagian pengembangannya sehingga kualitasnya benar-benar terjamin. Sudah barang tentu, pihak pengembang secara internal juga telah pelakukannnya sendiri.

Lembaga independent untuk menjamin kualitas suatu sistem/perangkat lunak biasa disebut “Independent Verification & Validation Agent” (IV&V Agent).

Verifikasi biasa didefinisikan sebagai “Are we building the product right?” yang maksudnya adalah mempertanyakan apakah dalam mengembangkan suatu produk telah dilaksanakan dengan proses yang benar. Sedangkan validasi biasa didefinisikan sebagai “Are we building the right product?” yang maksudnya adalah mempertanyakan apakah produk yang telah dikembangkan memang benar sesuai dengan keinginan/kebutuhan yang telah ditetapkan.

Lembaga independent semacam ini sebaiknya dapat terlibat dalam semua fase SDLC. Pada akhir fase Requirement Analysis, dia akan terlibat dalam kegiatan reviewnya, demikian juga pada fase design, implementasi maupun testing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s