Kegiatan mg ke-2 Kampung Belajar

Baru sempat cerita tentang kegiatan mg-2 Lembah Pinus Kampung Belajar. Sengaja mulai saat ini saya buat kategori “Kampung Belajar” tersendiri yang rencananya berisi cerita-cerita tentang kegiatan Kampung Belajar tersebut. Semoga nantinya kami (diantara kami) ada yang mengelola blog “Kampung Belajar” ini tersendiri agar dapat dijadikan contoh/pelajaran/diambil manfa’atnya oleh perkampungan lainnya di Indonesia. Dan juga bisa mendapat masukan-masukan untuk pengelolaan Kampung Belajar berikutnya yang lebih baik.

Kampung Belajar - 1Alhamdulillah..pada minggu ke-2 ini yang mengikuti kegiatan sholat subuh berjama’ah mulai banyak, ini mungkin beberapa masyarakat sudah mulai mengetahui dan banyak mendukung kegiatan ini. Kegiatan rutinnya: setelah selesai sholat subuh, kemudian diikuti TASLIM (Tausiah Lima Menit) oleh yang menjadi Imam pada sholat subuh tersebut. Setelah itu dimulailah kegiatan anak-anak.

Imam & Penceramah kali ini disampaikan oleh Bpk. Ust. Abu Hurairah. Materi yang disampaikan mengenai hakekat panjang umur. Biasanya kita berdo’a dan menginginkan dipanjangkan umur kita. Umur disini sesungguhnya adalah bukanlah umur secara fisik misalnya hidup di dunia sampai 100th dll, tetapi maksudnya panjang umur disini adalah nama atau peninggalan-peninggalan kita akan dikenang lama oleh manusia. sebagai contoh adalah Rasulallah Muhammad SAW, walaupun beliau telah meninggal ratusan tahun yl, tetapi beliau (melalui ajaran-ajarannya/hadits) masih dikenang dan dilaksanakan sampai saat ini. Jangan sampai, walaupun seseorang masih hidup, tetapi sudah banyak yang mengharapkan oarang tsb segera meninggal karena tingkah laku mereka yang tidak diharapkan.

Ketika acara TASLIM berlangsung, anak-anak juga diharapkan menyimak & memperhatikan, karena setelah acara TASLIM selesai, biasanya ada semacam kuiz buat anak-anak, bagi yang bisa menjawab akan mendapatkan “penghargaan”. Sesekali sambil diperdendangkan asmaul husna, ya..tentunya dengan cara bertahap dimana tiap minggunya nantinya hafalan & pemahaman anak-anak mengenai asmaul husna dapat bertambah. Semoga dalam kurang lebih 12 minggu (tiap minggu 8 asmaul husna), anak-anak sudah hafal & faham asma’ul husna tsb. Kegiatan kali ini diikuti oleh 33 anak, termasuk didalamnya Haekal, Abik, & Yazka (anak-anaku tersayang).

Setelah hari agak siang (sktr 05:30), dilaksanakan kegiatan “mencari harta karun”. anak-anak dibagi menjadi 5 kelompok (tiap kelompok sktr 7 anak), masing-masing ada yang diangkat menjadi pemimpin. Tentu saja, banyak yang diajarkan ke anak-anak, diantara kepemimpinan, musyawarah, setia kawan, dll. Harta karun yang dimaksud adalah berupa asma’ul husna, dimana disebar di berbagai tempat di sekeliling kampung. Ini juga mengenalkan anak-anak mengenai peta & kondisi kampung mereka. masing-masing kelompok harus mengikuti petunjuk arah&peta yang diberikan pembina sebelumnya.

Setelah acara “mencari harta karun” (mungkin jika namanya dirasa kurang cocok, bisa diganti dengan nama lain) selesai, dilanjutkan makan bersama. Makanan yang disipakan biasanya berupa makan-makanan sederhana asli indonesia yang bergizi (sambil mengenalkan jenis-jenis makanan halal & mengenalkan pentingnya gizi bagi anak-anak).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s