Permainan : Hitung jumlah kejadian (Pengenalan konsep Kombinasi)

Permainan ini mengajarkan dan melatih anak-anak mengenai: imajinasi, logika, dan kemampuan berhitung. Sekaligus mengenalkan mereka konsep “Kombinasi”. Juga mengingatkan anak usia SD (yang telah mendapatkan pelajaran tentang Kombinasi).

Sebagaimana biasa, saya musti pandai-pandai mengajak anak-anak bermain (“sambil belajar” tentunya). Karena kebetulan di rumah cuma ada 2 notebook sedangkan jumlah anaku ada 4, jadi mereka sering berebutan main notebooknya. Sehingga 2 anak yang tidak kebagian notebook itu musti dihibur dengan permainan-permainan yang lain juga.

Kebetulan saya ketika menjalankan sholat maghrib, isya’, dan subuh akhir-akhir ini lebih sering berjama’ah di Masjid Babussalam (masjid di kampungku red). Ya..maksudnya sambil memberi contoh kepada anak-anak. Kebiasaan sholat jama’ah di masjid itu mulai mendapat perhatian dari anak-anaku. Setiap aku mau berangkat ke Masjid, mereka merenbgek pengen ikut juga. Apalagi ada kegiatan “Kampung Belajar” tiap hari minggunya juga. Jadi anak-anaku itu mengetahui kegiatan di masjid itu.

Tradisi di Masjid itu, setiap selesai sholat jama’ah + wirid, dilakukan salaman (jabat tangan) antar jama’ah.  Nah kegiatan inilah yang saya jadikan sebagai contoh kasus bermain dengan anak. Mereka saya coba berimajinasi dulu. Misalnya dari 2 jama’ah dulu, ada berapa kali salaman.

  • aku : sekarang dari yang sedikit dulu, jika jama’ahnya ada 2 orang, ada berapa kali salaman?
  • anak-anak: (dengan cepat menjawab) dua.
  • aku: hebat. sekarang kalau 3 orang?
  • anak-anak: (mulai berfikir dengan imajinasinya) tiga. Kan A dg B, A dg C, dan B dg C.
  • aku : bagus..bagus.. Sekarang kalau 4 orang?
  • anak-anak : (mulai berfikir serius dan sedikit lama) 6 kali. (mereka sambil bercerita kejadiannya)
  • aku : wah..pinter-pinter nih anak papa..hehe.. coba kalau 5 or 6 or 7 or 20, dst?
  • mereka mulai berfikir keras dalam imajinasinya. kalau 5 or 6 sih masih bisa mereka membayangkan. Lha kalau sudah puluhan? hehe..

Dari sinilah saya kenalkan rumus Kombinasi untuk kasus tersebut. Tentunya anak saya yang paling besar sambil saya kenalkan rumus globalnya. Rumus khusus untuk kasus tersebut adalah (n*(n-1)/2).

Tinggalkan Balasan

