Rencana Pengembangan Perangkat Lunak

Sebagaimana yang pernah saya tulis sebelumnya, saya (secara bertahap) akan menampilkan/mengulas mengenai proses-preses dalam SDLC lengkap dengan contoh dokumentasinya. Kebetulan setelah saya cek, ada dokumentasi yang pernah saya buat (beserta tim tentunya) yang sifatnya bukan rahasia (confidential)  yang menurut saya bisa dijadikan contoh bacaan/pelajaran. Pada kesempatan awal ini, saya ingin menjelaskan dulu tentang Rencana Pengembangan Perangkat Lunak (RPPL).

RPPL atau dalam bahasa inggrisnya adalah Software Development Plan (SDP) merupakan hal awal yang harus dilakukan ketika akan mengembangkan suatu perangkat lunak. Hal-hal yang bisa dijelaskan/dilakukan dalam RPPL adalah:

  1. Gambaran umum proyek/sistem (System Overview)
  2. Rencana Manajemen Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Management)
  3. Rencana Teknis Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
  4. Rencana Pengujian Perangkat Lunak (Formal Qualification Testing)
  5. Rencana Evaluasi Produk Perangkat Lunak (Software Product Evaluation)
  6. Rencana Manajemen Konfigurasi (Software Configuration Management)

Contoh dokumen SDP dapat diklik pada link berikut Software Development Plan.

One Comment Add yours

  1. machrozar mengatakan:

    Ada contoh yang pakai bahasa indonesianya g’???

Tinggalkan Balasan

