Setiap perilaku makhluk pasti tidak akan luput dari monitoring Allah

Setelah mengulas sedikit apa yang disampaikan pak Abu pada tausiah subuh minggu yl tentang tanggungjawab, aku jadi terlintas tentang suatu hal. jika seseorang berbuat kebaikan maka Allah akan membalas dengan melipatgandakan, bisa 10x lipat, 700x lipat atau bahkan lebih. “Man jaa’a bil hasanati falahu ‘asyru amtsaliha”, “matsalulladziina yunfiquu fii sabiilillahi kamatsali habbatin anbatat sab’a sanaabila fii kulli sunbulatin mi’atu habbah….”. Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap kamu akan diminta pertanggungjawaban terhadap yang kamu pimpin. “Kullkum ra’in wakullukum mas’ulun ‘an ra’iyatih…”.

Aku jadi terlintas juga surat yasiin ayat 65: “Pada hari ini kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan”. Itu juga yang menjadi beberapa bait lagunya Chrisye kan? Juga beberapa ayat yang menjelaskan bahwa Allah mengetahui segala sesuatu yang kita perbuat. Bahwa kita berbuat sekecil apapun tidak luput daribalasan Allah.

Tangan berkata, kaki bersaksi bagi manusia jaman sekarang ini sudah tidak aneh lagi. Dalam persidangan, mulut-mulut para pelaku itu seperti dibuat bungkam dengan adanya sidik jari yang bisa lebih menjelaskan tentang apa yang mereka perbuat. Para penyidik dengan teknik-teknik investigasi tertentu juga seringkali bisa mengungkap suatu kasus lewat tangan yang berbicara dan kaki yang bersaksi.

Aku jadi teringat, beberapa kali aku terlibat dalam proyek pengembangan “Real Time Application” terutama untuk monitoring sesuatu. Dulu ketika aku bekerja sebagai Instrumentation & Data processing Engineer di divisi Flight Test Center suatu perusahaan penerbangan. Dimana suatu pesawat terbang yang akan di uji, setiap titik-titik tertentu dipasangi sensor, sehingga setiap gerak-gerik pesawat tersebut dapat dimonitor di Mission Operation Center Room (MOCR). Tidak hanya dimonitor secara visual tentunya sampai detail data-datanya (ketinggian, pergerakan flap, aeleron, elevator, dsb). Sebagai contoh, sebuah pesawat CN235 bisa ribuan parameter yang dapat dimonitor.

Dengan teknologi GPS (Global Positioning System. Hmm..jadi ingat Skripsiku tahun 1996 yl tentang GPS ini, sayang softcopynya gak ada)  maupun LBS (Location Base Service), kita juga dengan mudah dapat mengetahui posisi/lokasi sesuatu/seseorang. Konon Tommy Soeharto waktu itu ketangkap setelah handphone (HP)nya dilacak dengan teknologi LBS ini, bener gak ya? Tapi terlepas dari itu, jika kita mengetahui noHP seseorang, maka dengan sangat mudah akan dapat ditemukan keberadaan seseorang tersebut. Jadi melacak keberadaan penjahat-penjahat bisa cukup mudah.

Teknologi manusia saja canggih begitu, apalagi teknologi Allah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s