Kampung Belajar : Gerakan Subuh Berjama’ah minggu pertama Maret 2008

Sebagaimana biasa, tiap hari Ahad (minggu) di Lembah Pinus “Kampung Belajar” ada kegiatan “Gerakan Subuh Berjama’ah” (GSB). GSB ini merupakan kegiatan rutin tiap ahad, yaitu merupakan kegiatan Sholat Subuh berjama’ah di Masjid dimana pesetanya adalah keluarga-keluarga yang tinggal di Lembah Pinus “Kampung Belajar” Pamulang. Tiap keluarga yang terdiri-dari suami, istri, dan anak-anak berbondong-bondong ke Masjid untuk melaksanakan subuh berjama’ah ini.

GSB minggu pertama maret (2 maret 2008) kali ini merupakan kegiatan GSB yang kelima kali sejak dimulainya GSB Kampung Belajar mulai 3 Februari 2008 yl. Jama’ah subuh kali ini semakin semarak saja, setidaknya dari segi kualitas bertambah dari minggu-minggu sebelumnya, kali ini kurang lebih ada 120 jama’ah, dimana lebih dari 60 diantaranya adalah anak-anak.

TASLIM kali ini disampaikan oleh Bpk. H. Romlan Syukur yang merupakan penggerak utama kegiatan Kampung Belajar ini (thanks pak Romlan, semoga tetap istiqomah). Beliau sekaligus memperkenalkan 5 prinsip Lembah Pinus “Kampung Belajar” yang diambil dari QS 3:17 “As Shaabiriina was Shaadiqiina wal Qaanitiina wal Munfiqiina wal Mustaghfiriina bil ashaar”, “yaitu orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan (hartanya di jalan Allah), yang mohon ampun di waktu sahur”. Kemudian agar lebih memudahkan, pak Romlan menyampaikan dengan cara : Sabar benar si taat bantu do’a (sabar, benar, taat, bantu, do’a)

  1. As shaabiriina (yang sabar), maksudnya adalah sabar dalam melaksanakan ketaatan dan meninggalkan kemaksiatan (baik dalam Tafsir Jalalain maupun Ibnu Katsir memberi tafsifan yang hampir sama). Sabar juga terhadap musibah.
  2. As Shaadiqiina (yang benar), yaitu benar didalam imannya, segala sesuatu yang dilandasi dengan keimanan.
  3. Al Qaanitiina (yang tetap taat), yaitu tetap taat kepada aturan-aturan terutama aturan-aturan Allah
  4. Al Munfiqiina (yang menafkahkan), yaitu menafkahkan segala potensi yang ada padanya untuk mendukung/dalam rangka ketaataan kepada Allah. Gemar membantu di jalan Allah.
  5. Al Mustaghfiriina bil ashaar (yang memohon ampun diwaktu sahur), yaitu cepat-cepat atau awal-awal memohon ampun/meminta maaf jika telah melakukan kekhilafan, juga gemar berdo’a.

Sebagaimana biasa, setelah TASLIM, maka anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok untuk lebih mengekplor pemahaman mereka dari apa yang telah disampaikan pada saat TASLIM. Dimana tiap-tiap kelompok ada pamong (biasanya dari orang tua yang bersedia) masing-masing.

Setelah matahari mulai tampak, dilanjutkan acara permainan anak-anak active learning. Kali ini adalah dengan main futsal di lapangan masjid. Dari sini juga bisa tumbuh keakraban, kebersamaan, dan kesehatan diantara anak-anak. Setelah permainan selesai sekitar pukul 07:45, acara terakhir adalah makan bersama. Kali ini dihidangkan mie goreng, tahu tempe bakwan goreng, serta minuman penghangat teh jahe.

2 Comments Add yours

  1. Hudzaifah mengatakan:

    Mudah-mudahan kegiatannya terus dilakukan secara rutin dan konsisten. Allaahu akbar…

    ____________________________________
    Belanja Buku Islam di http://laroci.com

  2. Imam Shofi mengatakan:

    Alahamdulillah, sampai saat ini kegiatan masih berlangsung dengan kegiatan-kegiatan yang lebih kreatif. Memang ini menuntut kreatifitas para pamong agar gairah anak-anak tidak menurun. Remaja-remaja juga mulai ikut turun menjadi asisten pamong.
    Saya aja yang sekarang jarang/tidak meninfokan kegiatannya lewat blog ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s