Dokumentasi Pengujian (Testing)

Setelah sebelumnya saya sampaikan contoh dokumentasi untuk Perencanaan, Analisis Kebutuhan, dan Perancangan. Berikut ini saya sampaikan contoh dokumentasi untuk pengujian untuk kasus yang sama dengan dokumen-dokumen sebelumnya.

Dalam pelaksanaan pengujian, sebaiknya dilakukan oleh lembaga independen, tetapi internal tim developmen sendiri juga musti telah melakukannya. Pada tulisan saya sebelumnya, lembaga independen ini bisa/biasa disebut sebagai IV & V Agent. IV & V merupakan singkatan dari “Independent Verification & Validation“. Saya sangat mendukung sekali, sekarang beberapa instansi pemerintah dalam pelaksanaan tender pengembangan sistem/perangkat lunak, ada tender sendiri khusus pekerjaan pendamping yang bertanggungjawab terhadap kualitas sistem yang dikembangkan. Inilah bentuk IV & V Agent tersebut. Walaupun pelaksanaannya vendor-vendor pendamping tersebut masih banyak yang belum “mengerti” standarisasi kualitas dll, tetapi setidaknya ini merupakan langkah maju bagi kualitas produk sistem/perangkat lunak kita.

Dokumentasi pengujian bisa/biasanya/dapat terdiri-dari STP (Software Test Plan), STD (Software Test Description) dan STR (Software Test Report).  Tetapi dalam kasus ini, dokumen-dokumen tersebut sekaligus dirangkup menjadi satu dengan nama STRp (Software Test Report), toh isi-isi dari STP & STD juga dirangkum/ditampilkan dalam STRp. Didalam dokumen ini, dijelaskan a.l:lingkungan pengujian (test environment), pengujian, level pengujian, juga kasus-kasus uji/pengujian (test case). 

Berikut contoh dokumen pengujian tersebut :  STRP_ARTISt

Pada contoh dokumen tersebut, test case-nya masuk dalam bagian dokumen. Sekarang-sekarang, agar lebih rapi, biasanya test case saya masukan dalam appendix tersendiri dengan contoh template seperti ini :  Functional Test Cases Template

2 Comments Add yours

  1. silalahi mengatakan:

    thank you mister..
    now i can do my study..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s