Dibalik Insiden Monas: Bagaimanakah menemukan Munarman???

Yaa Allah..semoga kasus ini cepat selesai dan tidak merembet lebih luas menjadi konflik antar anak bangsa yang tidak perlu. Sekali lagi, mohon para pemimpin untuk dapat mengendalikan diri & mengambil tindakan yang tepat.

Berita akhir-akhir ini masih banyak didominasi Insiden Monas tersebut, salah satunya pencarian terhadap Munarman yang “belum” diketahui keberadaannya. Sepertinya banyak metode untuk menemukan posisi seseorang dengan bantuan ICT (Information & Communication Technology) atau kita biasa menyebut Teknologi Telematika (Telekomunikasi & Informatika) juga.

Mungkin saja Bang Roy Suryo bisa membantu juga dengan “keahlian” multimedianya, misalnya mendeteksi video yang dikirimkan Munarman tersebut, dilakukan kapan? dimana? dsb. Betul begitu apa gak ya? soalnya beberapa kali aku lihat di TV, dengan analisanya Bang Roy “bisa” menceritakan tentang dimana suatu Video itu direkam, dll.

Beberapa teknologi untuk menentukan posisi sesuatu antara lain (yang aku tau): dengan GPS (Global Positioning System) dan teknologi LBS (Location Base Service).

GPS merupakan sistem untuk menentukan posisi dengan bantuan satelit GPS yang dimiliki Amerika dimana kita dapat menggunakannya secara free. Dalam hal ini objeknya harus dipasangi receiver GPSnya. Ketelitian teknologi ini bisa sampai mm(mili meter). Untuk kasus Munarman/buron lainnya, jika Munarman/buron lainnya tersebut mempunyai perangkat PDA/handphone/lainnya yang dilengkapi receiver GPS, maka dapat dengan mudah ditemukan keberadaannya.

Sedangkan teknologi LBS adalah teknologi untuk menentukan posisi sesuatu/seseorang/objek dengan memanfaatkan nomor telepon seluler seseorang dengan bantuan BTS. “Biasanya” suatu nomor telepon seluler itu dapat menerima/terdeteksi sinyalnya oleh 3 atau lebih BTS. Dengan algoritma tertentu (orang matematik pasti bisa bikin/menghitung algoritma), maka dapat diketahui kira-kira posisi nomor telepon tersebut. Nah dengan teknologi semacam ini, polisi bisa minta bantuan operator-operator seluler untuk melacak keberadaan buron tertentu lewat nomor HPnya.

2 Comments Add yours

  1. aulia muttaqin mengatakan:

    Assalamualaikum,

    Saya cenderung berpendapat, buronnya Munarman adalah hasil grand skenario. Lengkapnya silahkan klik : http://auliamuttaqin.wordpress.com/2008/06/07/buronnya-munarman-diskenariokan/

    Salam,

    a. muttaqin

  2. ANANG mengatakan:

    Mas Imam,
    Bagaimana kabar, udah lama banget kita ga komonikasi.
    Nuwun sewu : pertanyaan Saya yg dulu, kok Komputer di rumah ga bisa di shutdown….?

    DAN PERTANYAAN KEDUA, mgk ada dalil yg PASTI, biar tidak jadi polemik & bs menambah wawasan :……….
    Tolong aku diberitahu ya tentang kasus ini agar pemahamanku menjadi benar tentang kasus menikahi anak usia <18 tahun terutama dari syariat Islam.
    Dalam minggu lalu aku mulai dengar tentang kasus Syekh Puji, tahu kan? Ustaz yang menikahi anak umur 12 tahun, lewat proses semacam sayembara dalam mencari istri keduanya ini.
    Hal semacam itu kan juga dilakukan oleh Nabi Muhammad, kalau tidak salah beliau menikahi Aisyah pada saat Aisyah umur 9 tahun.
    Nah, saat itu apa Aisyah sudah akil baligh ya? kalau tidak salah belum ya. Tapi tolong dikoreksi ya.
    Nah…aku pengin tahu, apakah diceritakan kapan nabi mulai melakukan hubungan suami istri dengan Aisyah.
    Karena begini, sepengetahuanku organ reproduksi pada wanita memang sudah mulai berfungsi sejak anak perempuan mendapatkan menstruasi akan tetapi dikatakan matang dalam artian siap menerima kehamilan apabila telah berusia 20 tahun. Selain itu juga, apabila hubungan intim telah dilakukan pada usia <16 tahun akan meningkatkan risiko terjadi kanker leher rahim karena sel-sel yang berada didaerah mulut rahim masih rentan untuk menerima trauma. Memang itu studi yang ada kemungkinan terjadi error, tapi sekitar 5% lah.
    Nah….bagaimana ya? menanggapai kasus kawin usia dini ditinjau dari aspek syariat Islam & pengetahuan.
    Tolong ya…aku dibantu, terutama kapan nabi mulai memperlakukan Aisiyah sebagai istri…?
    Maaf kalau menjadi panjang pertanyaannya.

    Matur nuwun & Salam Paseduluran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s