Tool buat membantu mempercepat migrasi data SIMPATI – DIKTI

Kebetulan hampir 1 minggu ini aku diminta bantuan oleh Program Studi (Prodi) untuk ikut membantu mempercepat proses penyediaan data untuk evaluasi program studi (evaprodi) yang akan disampaikan ke DIKTI dengan cara “otomasi” migrasi data yang terdapat di DataBase(DB) aplikasi yang lama ke aplikasi yang baru. Karena dari perkiraan, jika dikerjakan migrasi biasa (manual entri) maka waktu yang disediakan tidak akan cukup terkejar.
Info yang saya dapat bahwa untuk migrasi data tersebut, DIKTI tidak menyediakan toolnya sehingga harus dilakukan entry data ulang ke aplikasi versi yang baru (dari DIKTI). Hmm..padahal data-data yang telah dientrykan ke aplikasi versi sebelumnya sudah cukup banyak. Aplikasi dari DIKTI itu kalau tidak salah namanya “SIMPATI”, yang mungkin merupakan singkatan dari “Sistem Informasi Perguruan Tinggi”.
Tool berikut semoga dapat membantu mempercepat. Saya sendiri melakukan migrasi data tersebut cukup dalam waktu 1 hari dengan bantuan tool tersebut, bandingkan jika dilakukan entry ulang yang perkiraan waktunya bisa mencapai 3-4 minggu. Nama toolnya DBF Viewer, saya mengunakan versi trialnya yang dapat digunakan dalam 30hari.
Tool tersebut dapat di download disini :http://www.dbf2002.com/
Semoga dapat membantu, Salam.

2 Comments Add yours

  1. Emanuel Setio Dewo mengatakan:

    Hallo Mas Imam, apa kabar?
    Saat ini Sisfo Kampus sudah memiliki fasilitas export data dari Sisfo ke program DIKTI. Jika ada perubahan versi, maka kita tinggal menyesuaikan script sesuai format yg baru dan kemudian re-export data dari Sisfo ke program DIKTI lagi.

    Salam.

  2. Awie Babeleang mengatakan:

    kasih kami pak aplikasinya soalnya kami kewalahan masalah data ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s