Sedikit oleh-oleh dari Wisuda III UNPAM

Sabtu, 28 Juni 2008 yl saya menghadiri undangan wisuda di Universitas Pamulang (UNPAM). Selayaknya acara wisuda, ada prosesi wisuda, sambutan-sambutan, orasi ilmiah dan juga penghargaan-penghargaan. Ketika mengikuti acara itu, beberapa membuatku terharu. Terus terang, aku ini termasuk orang yang gampang terharu dan meneteskan air mata ketika menyaksikan orang-orang yang “kurang beruntung” tetapi tetap berjuang dan tidak menyerah dengan keadaan.

Mulai sambutan wakil wisudawan yang menceritakan perjuangannya selama kuliah bahwa tidak diperoleh dengan mudah.  Di akhir kesan-kesannya, beliau menyampaikan sebuah pantun “Bila ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi, bila ada umur kami panjang boleh kita kuliah lagi”.

Pak ketua Yayasan pada sambutannya menyampaikan bahwa UNPAM ini ingin menjawab keinginan sebagian besar masyarakat yang ingin kuliah, bahwa kuliah itu tidak hanya dapat dimonopoli oleh orang-orang kaya (karena sebagian besar Universitas di negeri ini memang terkesan tidak terjangkau oleh orang-orang “pinggiran”). UNPAM ini ingin menjawab orang-orang yang punya keinginan dan kemampuan (secara intelektual) tetapi terkendala dengan biaya yang cukup “mahal” jika akan kuliah.

Yang paling membuatku terharu adalah adanya penyematan “peniti emas” kepada seorang mahasiswi yang dianggap sangat ulet/gigih dalam perjuangannya mengikuti kuliah di UNPAM. Diceritakan bahwa mahasiswi tersebut adalah seorang pemulung yang tempat tinggalnya cukup jauh dari UNPAM. Untuk berangkat kuliah, dia selalu menumpang truk sampah (karena tidak punya ongkos jika naik angkutan umum). Di waktu istirahat kuliah, dia jarang sekali bergabung dengan teman-temannya untuk makan siang di kantin/warung dekat kampus (karena sering tidak punya uang sekedar untuk makan). Untuk mengatasinya, dia selalu berbekal air yang cukup banyak, ketika lapar, dia mengisi perutnya dengan air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s