Kampanye lewat SMS? Ide bagus juga..

Teknologi telematika bisa banyak membantu dalam segala hal, tak terkecuali untuk keperluan kampanye.

Kandidat CaPres AS Barrack Obama, konon katanya peringkat ketenarannya naik tajam karena teknologi telematika ini. Berikut Strategy Barack Obama dalam memanfaatkan teknologi telematika yang berhasil mendongkrak peringkatnya: [saya ambil dari diskusi cybernya mastel]

  1. Membuat Situs web my.BarackObama.com
  2. Mengisi konten Streaming Video “Yes We Can” (mirip slogannya SBY-JK waktu itu:”Bersama Kita Bisa”🙂 ) di Situs Web tersebut diatas.
  3. Menyarankan para pendukungnya membuat Blog di Facebook dan MySpace, dan mengisi dengan konten Streaming Video “Yes We Can” dari Obama agar dilihat masyarakat (Viral Marketing – jumlahnya meningkat secara exponensial).
  4. Melalui Situs my.BarackObama.com, dibangun Komunitas Blogs para pendukungnya.
  5. Mengisi Blogs para pendukungnya dengan berbagai aktivitas bersama, a.l. Pengumpulan Dana, saran, pendapat dan dukungan kepada kandidat CaPres, komunikasi antar pendukung, dsb.

Sebagaimana strategi Obama tersebut, beberapa alternatif teknologi telematika yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan kampanye a.l:

  1. Penggunaan internet secara umum termasuk didalamnya pembuatan website, blog, email, milist, dll.
  2. Penggunaan Instant Messaging (bagian dari internet juga sih) semisal Yahoo Messanger (termasuk Yahoo chat didalamnya), skype, dll.
  3. Penggunaan teknologi yang ada di Mobile Phone, seperti SMS, MMS, dan konten-konten menarik lainnya.

Penggunaan teknologi-teknologi tersebut, relatif murah dalam implementasinya tetapi sepertinya cukup efektif juga dalam menjaring suara. Di Indonesia, usia-usia pemilih yang menggunakan teknologi tersebut sudah cukup banyak, dimana rata-rata mereka itu kaum terpelajar yang di masyarakatnya juga cukup dipandang/jadi panutan/referensi bagi yang lain.

Oups.. maksudnya mau cerita teknologi SMS ataupun teknologi mobile lainnya, jadi ngelantur.. Ya sudah, di lain kesempatan semoga bisa cerita teknologi SMS ini, secara teknis bagaimana koneksi ke operator, termasuk penggunaan masking (muncul nama kandidat partai/pemimpin ke HP penerima), dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s