Mau masuk/memilih Perguruan Tinggi? Akreditasi bisa menjadi salah satu Acuan

Saat ini masih merupakan masa-masa bagi para lulusan SMA/SMK/MA/yang sederajat lainnya berjuang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang diinginkannya. Walaupun Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah usai, namun jika belum beruntung pada kedua jalur seleksi tersebut, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi/ujian mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi (PT). Banyak sekali PT yang melaksanakan seleksi/ujian mandiri baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Diantara PTN yang melaksanakan seleksi/ujian mandiri, dapat dilihat pada tulisan saya sebelumnya:  https://imamshofi.wordpress.com/2016/06/04/setelah-snmptn-sbmptn-selanjutnya-mau-kemana/ .

Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah memiliki nama besar, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dll. tentu masih menjadi rebutan/tujuan favorit para pejuang calon mahasiswa seantero Indonesia yang menjadikan persaingannya tidaklah mudah. Oleh karena itu, ribuan calon mahasiswa maupun para orang tua calon mahasiswa tsb berbondong-bondong mencari alternatif mencari/memilih PT lain juga, tentunya dengan tidak mengabaikan kualitas PT yang akan dituju tersebut. Diantara yang dapat dijadikan acuan untuk memilih dan melihat kualitas suatu PT adalah dengan melihat akreditasi yang dikeluarkan lembaga akreditasi seperti Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Kita dapat melihat baik itu akreditasi institusi secara umum maupun akreditasi program studi suatu PT. Berikut ini daftar Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki akreditasi A (terdapat 25 PT):

PT Akreditasi A

Selain PT favorit yang telah disebutkan sebelumnya, terlihat juga beberapa Perguruan Tinggi/Universitas Islam yang memiliki akreditasi A, yaitu:

Perguruan Tinggi Negeri:

  1. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) : www.uin-malang.ac.id/
  2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Yogya): uin-suka.ac.id/
  3. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta): www.uinjkt.ac.id

Perguruan Tinggi Swasta:

  1. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (UII): www.uii.ac.id
  2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM): www.umm.ac.id
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY): www.umy.ac.id

Untuk informasi lebih detil mengenai akreditasi masing-masing PT maupun akreditasi masing-masing Program Studi (Prodi), dapat dilihat di laman BAN-PT (http://ban-pt.kemdikbud.go.id/).

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s