Tentang Aku

Hanya manusia biasa, merupakan anak pertama dari 7 bersaudara. Lahir pada tgl.05 Februari 1972 di desa kecil bernama Bugel kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Ayah seorang guru dan Ibu wiraswasta. Semoga Allah mengasihani mereka berdua sebagaimana mereka mengasihani aku diwaktu kecil.

Nama lengkap Imam Marzuki Shofi, merupakan nama pemberian orang tua dari kecil. Konon ceritanya waktu itu, kehidupan orang tuaku pas-pasan, seringkali makannya bukan nasi, bisa makan nasi Alhamdulillah banget katanya. Di hari kelahiranku itu, alhamdulillah orang tua (ortu) ku dapat rejeki berupa dapat arisan yang konon katanya jadi cikal bakal modal Ibuku untuk buka usaha dan berhasil. Dari situ, makanya ortuku kasih nama aku Marzuqi (artinya yang dapat rejeki). Kalau bahasa santri mentashrif dari kata razaqa->yarzuqu->rizqan->marzuqan. Kemudian Shofi itu artinya jernih/bersih, ortu mengkiaskan/mengartikan sebagai halal. Jadi arti keseluruhannya maksudnya adalah orang yang dapat rejeki halal, karena waktu itu dapat rejeki halal dan berharap dalam mencari nafkah nantinya rejeki yang saya dapatkan dari hasil yang halal. Ternyata ortu pikirannya sudah jauh kedepan, gak tau waktu itu korupsi sudah terkenal & merajalela seperti sekarang atau tidak. Yang jelas beliau berharap anaknya jangan sampai makan dari harta yang tidak halal. Kemudian karena aku lahir sebagai anak pertama, maka dikasih tambahan Imam didepan dengan harapan dapat menjadi Imam terutama bagi adik-adiknya, juga jadi Imam/pemimpin dimana saja berada.

TK, SD, & SMP ditamatkan di kecamatan tempatku lahir. SMA di Ibukota kabupaten, dan S1 di Ibukota propinsi. Tamat S1 MIPA UNDIP dan S2 Informatika ITB Bandung-Indonesia & Universite Thomson Perancis. Dua Perguruan Tinggi tersebut (UNDIP & ITB) termasuk dalam 5 Universitas di Indonesia yang masuk 500 besar perguruan tinggi dunia versi Times HIgher Education Supplement (THES) selain UGM, UI, dan IPB. Dan juga mendapat SERTIFIKAT ANUGERAH ANINDYAGUN dari Pemerintah RI melalui Mendiknas.

Edited : 12 Feb 2008

Taman Kanak-Kanak (TK), aku disekolahkan di TK Bhayangkari yang letaknya di depan (seberang jalan) rumahku (maksudnya rumah ortu). Jadi ingat sama Bu Yani & Bu Yati, terimakasih banyak Bu..telah memberi bekal ilmu dimasa kanak-kanak. Oh iya, rumahku itu di depan POLSEK Godong-Grobogan. Walaupun orang tuaku (Bapak) waktu itu sudah dipercaya sebagai pengurus sebuah Yayasan yang ada sekolah dari TK s/d SMA juga Madrasah Diniyah + Pondok Pesantren, tetapi mungkin krn lokasinya yang cukup jauh untuk anak seusia TK, maka disekolahkan di TK Bhayangkari. Jadi pengen cerita yayasan tsb. nih…🙂. Karena Yayasan itu, sedikit banyak telah membentuk perilaku/akhlak saya.

Yayasan itu namanya Yayasan Taman Pendidikan Islamiyah(YATPI) Godong. Konon katanya yang memberi nama YATPI itu adalah Bapak, sebelumnya namanya YPI (Yayasan Pendidikan Islam), mohon ma’af jika salah/kurang pas mengenai sejarah yayasan tsb. Beliau terilhami dari Ibuku yang pernah belajar di YAPPI Sragen (Solo ya? lupa, maaf ya Bapak&Ibu). YATPI terdiri dari:

  • Pendidikan Formal:
    • Setingkat Taman Kanak-Kanak : TK YATPI
    • Setingkat Sekolah Dasar : SDI YATPI, MI YATPI
    • Setingkat Sekolah Menengah Pertama : SMP YATPI, MTs YATPI
    • Setingkat Sekolah Menengah Atas : SMU YATPI, MA YATPI, STM YATPI
  • Pendidikan non-Formal:
    • Setingkat Sekolah Dasar : Madrasah Diniyah (MADIN) Awwaliyah YATPI
    • Setingkat Sekolah Menengah : MADIN Wustho YATPI
    • Pondok Pesantrean (PonPes) Al-Falah

Kembali ke masa-masa sekolah. Masa-masa sekolah dasar, untuk formalnya aku disekolahkan di SDI &/ MI YATPI (aku punya ijazah SD & MI) dari pagi (sktr jam 7) s/d siang (sktr jam13). Dari sini saya kenal materi-materi Matematika, IPA, IPS, Bahasa, dll. Karena lingkungan orang tua yang cukup agamis, disamping sekolah formal tsb, siangnya (mulai jam14 s/d jam17) aku disekolahkan juga di MADIN Awwaliyah YATPI, kemudian malamnya (ba’da maghrib s/d Isya) musti ngaji di Masjid. Dari sini saya kenal materi-materi Alqur’an, Hadits, Tafsir, Nahwu, Shorof, Aqidah Akhlaq, Tauhid, Tajwid, lughotul arabiyah, dll. Terimakasih yang tak hingga kepada guru-guru SD & MI (pak Ali, pak Musyafa’, pak Mustofa, Bu Roehah, dll.), guru-guru MADIN (pak Wafa, pak Nur Hamid, pak Hadlirin, Bu Sulthonatun, dll.), juga guru ngaji Mas Sholeh. Rahimahumullah..

Masa-masa sekolah menengah pertama saya dilakukan di SMP YATPI, Non-formalnya di MADIN Wustho YATPI. Dan juga mulai kelas 2 SMP, aku mulai dididik ortu pisah dengan mereka agar lebih mandiri, yaitu dengan belajar & menginap di PonPes Al-Falah (jadi santri nih..🙂 ) walaupun jarak rumah kami dengan PonPes cukup dekat (sktr 1Km). Di PonPes inilah saya mulai mengenal kitab kuning (standar pendidikan di PonPes), walaupun di MADIN jg sdh mulai dikenalkan. Terimakasih yang tak hingga kepada guru-guru MADIN, guru-guru ponpes pak Ali Syamyadi, pak Ari Masyhuri, dan terutama Alm. Mbah Moh Sofwan Isa (kyai, guru, sesepuh, pendiri sekaligus orang tua kami semua) rahimahumullah.. Oleh Mbah Wan (biasa kami menyebut) aku banyak sekali mendapat didikan. Jadi ingat bagaimana beliau mengajar dengan sabar ilmu Nahwu & Ilmu Shorof (‘Imrithi, Jurmiyah, dll.), Alqur’an, dll.

Kemudian masa SMA, dihabiskan di SMAN1 Purwodadi-Grobogan. Kelas 1 SMA sempat tinggal di kos-kosan, tetapi mulai kelas 2 SMA kembali saya harus tinggal di PonPes yaitu PonPes Manbaul A’laa Purwodadi asuhan Kyai Hamzah Matni rahimahullah. Dimasa-masa ini juga mulai kenal organisasi dengan menjadi pengurus PonPes, menjadi ketua santri pelajar (maksudnya selain sebagai santri salafiyah, juga bersekolah formal diluar PonPes), karena waktu itu banyak santri” yang mengkhususkan belajar kitab kuning di PonPes, sedangkan saya selain belajar kitab kuning layaknya santri lainnya juga sekolah di sekolah umum (waktu itu disebutnya).

Setelah lulus SMA, ketrima UMPTN di jurusan Matematika UNDIP Semarang. Sekitar 6 tahun saya kuliah disitu, banyak sekali pengalaman-pengalaman yang diperoleh. Cukup banyak juga mengikuti kegiatan organisasi semasa kuliah, diantaranya: ketua KESIMA (Kelompok Studi Islam Matematik), ketua KSS (Kelompok Studi Statistik), Ketua HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Komisariat MIPA UNDIP, juga ketua Bidang LitBang HMI Cabang Semarang, Ketua Bidang Diklat IHMSI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistik Indonesia) SekWil Jateng&DIY, SEMA, BPM, dll. Juga 3 tahun terakhir masa kuliah, sambil menjadi Asisten serta ngajar di MTs & MA Manbaul A’laa.

Begitu lulus S1 dari UNDIP langsung ketrima kerja di Fight Test Center (FTC) PT. IPTN/PTDI Bandung. Dari IPTN inilah saya juga berkesempatan ambil S2 Real Time Software Engineering (RTSE) Institut Teknologi Bandung (ITB)Universite Thomson. Setelah keluar dari PTDI, pernah menjadi IT Solution Manager & Software Dev. Manager di JAKSOFT (Member SIGMA). Sekarang ini pengen fokus mengajar di Universitas, freelancer IT Solution dan membantu mengelola PT Rapid Inovasi Teknologi (RAPID).

24 Comments Add yours

  1. NoeLoe mengatakan:

    CV yang bagus banged mas…TOP BGT gituloh.

  2. Imam Shofi mengatakan:

    Pak Agus & NoeLoe,

    Bukan apa-apa. Saya hanya berusaha menceritakan apa yang saya alami & rasakan apa adanya. Berharap bisa menjadi pelajaran & diambil manfaatnya oleh pembaca.

    Pak Agus, terimakasih. Project Management Tool nya semoga bisa digunakan terus.

    Salam,

  3. Tony mengatakan:

    Assalamualaikum,
    ini mas imam, putra p. H. Shahuri ya…?
    tak sengaja buka, ketika di google ketik YATPI ternyata ada mas Imam.
    Salam paseduluran kembali, dan sampaikan salam hormat, takdzim saya kepada Bapak H, Shahuri.
    saya Tony, Putra mbah Ali Syamyadi, sekarang Dinas di Singkawang – Kalbar.

  4. Imam Shofi mengatakan:

    Mas Tony,
    Wa’alaikumsalam,
    Yup betul mas, saya putra pak Syahuri.
    InsyaaAllah kalau pas ke Godong or kontak Bapak, saya sampaikan.
    Hmm..di Singkawang.., kalau adiku Badruzzaman di Kaltim Mas..Sudah berkeluarga? Biasanya lebaran pulang ya?

  5. Bayu Waspodo mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wr. wb.

    Baru coba2 googling, lha kok ketemu sampeyan.
    Ya, sekalian say “hello” dan “ketemu lg”, jg lupa salam selalu kompak.

    Wassalaam,
    Dari temanmu sesama cpns

  6. tony mengatakan:

    Terima kasih…
    saya belum berkeluarga. calon masih disimpan sang penentu : Allah.
    insya-allah lebaran pulang
    singkawang jauh mas dengan kaltim. mungkin jika ada teman di kalbar bisa dihubungi saya, biar tambah sedulur. trim.
    wassalam…

  7. wadiyo mengatakan:

    salam kenal Mas,

  8. Nanung mengatakan:

    Ass. dik imam, lagi asik golek2 konco lawas malah ketemu sampeyan disini. Dik mbok dicoba bikin yang lebih serius untuk YATPI tercinta..

    Salam untuk semua keluarga
    Mbak Nanung

  9. Tahar mengatakan:

    Saiki wis dadi wong hebat euy…. Ojo lali karo kampung Grobogan lan sedulure sing ono kuwu

  10. hendra mengatakan:

    assalamu’alaikum
    numpang mampir pa imam

    salam buat pa imam dan keluarga

    juga buat pa Tahar, terima kasih pa atas semuanya selama saya mengikuti perkulihan bapak

    *memang pa Tahar dan pa Imam berteman ya…
    mohon kalau boleh diceritakan sejarah singkat pertemanannya…
    terima kasih

  11. hendri tanjung mengatakan:

    Assalamualikum wr wb.

    Mas Imam, apa khabarnya. Alhamdulillah, saya senang sekali melihat blog mas Imam ini. Insya Allah persahabatan ini akan abadi, Amin. Oh ya, alamat email mas Imam, apa?

    Hendri Tanjung.

  12. Imam Shofi mengatakan:

    Wa’alaikumsalam wr. wb.

    Eh..Bang Hendri, alhamdulillah kabar baik. Hmm…akhirnya dapat komunikasi juga setelah sebelumnya (bbrp bulan yl) saya coba kirim email tetapi mental (tdk sampai). Terakhir dapat kabar dari Nurcholis yang katanya ketemu di Jedah pada musim haji tahun lalu.
    yup, Insya Allah persahabatan yang abadi, Amin.
    Email saya: imam@rapid-it.co.id.
    Btw, masih di Pakistan or sudah di Indonesia lg nih?🙂

    Salam,
    Imam MS

  13. celamitan mengatakan:

    asslmualikum, pak imam.. maaf sebelummya
    dibilang mau curhat juga bisa,,,, atau apalah namanya..
    pak apa yang namanya bahasa pemograman itu susah ya pak.. atau hanya orang tertentu saja yang bisa mengerti.. saya mahasiswa bapak di uin..
    saya selalu coba memahami mata kuliah yang bapak berikan.. kalau sekedar implementasinnya saya mengerti…tapi jika saya buat program sendiri koq susah banget ya pak….apalagi kalau programnya udah komleks..alamat pusing deh…
    pak mohon tipsnya biar saya bisa dan mengerti matakuliah yang bapk berikn…
    ditunggu ya pak tips dan nasehatnnya..
    wasslamualikum w w.

  14. Imam Shofi mengatakan:

    Wa’alaikumsalam…
    Sdr. Celamitan yth.,
    ma’af, ini mhs yang ikut MK Pemrograman or Struktur Data ya? Soalnya saya ngajar 2 MK itu..
    Saya kira perlu latihan-latihan, kalau kita sering latihan, nantinya akan terbiasa. Mulai dari memahami implementasi (coding yg dibuat oleh orang lain), kemudian mencoba latihan-latihan sendiri.
    Saya merasa mahasiswa-mahasiswa sekarang sangat kreatif, kesempatan untuk mengekplore juga dapat dilakukan dengan relatif mudah, sehingga skill (pemrograman, dll) mahasiswa bisa jauh melebihi dosen/pengajarnya. Itulah sebenarnya harapan saya, dosen hanya sebagai pemacu agar kemampuan&kreatifitas mahasiswa dapat lebih berkembang bahkan jauh melebihi dosennya. Makanya dalam kuliah saya, setelah UTS, mahasiswa saya minta yang dpt membuat makalah/presentasi tentang topik/materi yg diajarkan, kemudian dapat menjelaskan ke rekan-rekannya.
    Sebagai dosen (apalagi saya sbg dosen junior/baru), kemampuan saya sudah tentu “masih jauh” mgkn dari yang diharapkan, termasuk juga kemampuan/cara menyampaikan materi ke mahasiswa yang dlm beberapa hal “mgkn” juga sulit dipahami. Tetapi saya akan berusaha mencari cara agar segala sesuatunya itu dapat lebih mudah untuk dipahami.

    Tipsnya: cobalah dengan banyak latihan-latihan & banyak mengekplore sendiri juga, tidak perlu tergantung pada materi yang diberikan dosen (karena waktu di kelas juga sangat terbatas).

    Semoga dapat membantu..

    Wassalam.

  15. Ayong mengatakan:

    Ass.salam kenal mas klo boleh next time pengin minta ilmunya dong tentang IT nya

  16. galang mengatakan:

    askum pak imam.salam buat pak toni.saya bekas muridnya dulu.sekarang dimanaya?masih ngajar pa gak?

  17. galang mengatakan:

    askum pak imam.knp koment gak dibls,saya alumni ma yatpi godong thn2006.skrang saya kerj diluar negeri dibrunei .kalau boleh saya minta email,nya pak tony.saya salut sama beliau seorang guru yg disiplin pandai menyampaikaikan pelajaran dan cepat dipahami.tp sayang sdah tdk lagi di ma yatpi, smoga ma yatpi tetap jaya.say galangsaputra dri desa menawan klambu_wa
    Salam

  18. MUSLIH mengatakan:

    Kabarnya bagaimana kang imam aku juga alumnus ponpes Manbaaul a’laa Jagalan. Tukang pijete mbah KH Hamzah dulu. aku juga murid pak H.Sahuri pada saat MTs YATPI dan asal ku ndeso waruk Dorolegi Godong, tapi aku juga bangga wong deso tapi pikiran kuto. doktren mbah yai dulu….

  19. Imam Shofi mengatakan:

    @ Galang & Muslih: Mohon ma’af, ternyata 3bulan terkahir ini saya tidak mengakses blog saya ini, jadi baru tau sekarang…
    @Galang: Pak Tony statusnya sebagai pengajar di MAN Singkawang, skrg sedang ambil S2 di ITS. Mungkin bisa kontak ke FB/email beliau: mahboeb_tony@yahoo.co.id. di FB jg sudah ada group YATPI Godong, mungkin bisa gabung disitu jg..
    @Muslih: Alhamdulillah kabar baik..berarti podho aku yo..tukang pijete mbah Yai..hehe..coba gabung di group YATPI di FB jg ya..

  20. Ahmad Agus Al Umar mengatakan:

    salam kenal pak…
    sepertinya saya bisa banyak belajar dengan bapak nih…;-)

  21. cah papua mengatakan:

    Assalamualaikum..
    salam kenal mas,saya dulu juga muridnya
    Bpk H.Syahuri sekarang tinggal di papua.
    tlg sampaikan salam hormat saya kpd Beliau.

  22. raden santri mengatakan:

    assalamualaikum. pak sofi kulo nyuwon nomere jenengan

  23. fitriyani mengatakan:

    pak, ndak pernh ke jagalan ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s