TIK

Berisi diskusi-diskusi, maupun tulisan-tulisan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  atau dalam bahasa inggrisnya disingkat ICT (Information & Communication Technology).

Sebagai bahan awal, saya tampilkan tesis saya dengan judul ” Pengembangan Perangkat lunak sistem PEMROSESAN DATA uji terbang Airborne Instrumentation System DALAM WAKTU NYATA (Bagian pemrosesan dan penyajian data)”. Semoga dapat diambil manfa’atnya terutama dari segi Software Engineering Process nya.

Airborne Instrumentation System (AIS) adalah peralatan yang dipasang di dalam pesawat udara untuk melakukan pemrosesan dan penyajian data uji terbang. Sedangkan Airborne Real Time Instrumentation System (ARTISt) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan AIS agar dapat digunakan dalam waktu nyata (real time).

Perangkat lunak ARTISt yang dikembangkan dapat melakukan proses konversi dari data elektrik menjadi data enjiniring sesuai dengan tipe kalibrasi dari parameter yang dihitung serta melakukan perhitungan terhadap parameter perluasan. Perangkat lunak ARTISt juga mempunyai kemampuan menampilkan data pada layar monitor dalam bentuk tabel, grafik “time history”, tab_graph (campuran antara table dan grafik), dan Xplot (grafik cross antara dua parameter). Disamping itu, perangkat lunak ini juga mempunyai kemampuan mencetak data ke piranti pencetak (printer) dan merekam data, baik data enjiniring maupun data elektrik, ke piranti penyimpanan (hard disk)

Proses pengembangan perangkat lunak dilakukan dengan mengacu pada siklus V (V cycle) yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengujian. Analisis kebutuhan dilakukan dengan metode Structure Analysis for Real Time System (SA/RT), perancangan dilakukan dengan metode Object Oriented Design (OOD), implementasi dilakukan dengan bahasa C menggunakan kompilator Borland C versi 3.1 pada lingkungan sistem operasi DOS, dan pengujian dilakukan dengan metode fungsional.

Berikut ini materi lengkap tesis saya tersebut (materi dapat di download dengan meng-klik pada link masing-masing):

  1. Bab 1 : PENDAHULUAN : Pada bab ini akan diberikan latar belakang, tujuan, lingkup pembahasan dan sistematika penulisan tesis dari pengembangan perangkat lunak sistem pemrosesan data uji terbang Airborne Instrumentation System dalam waktu-nyata, khususnya pada bagian pemrosesan dan penyajian data
  2. BAB II : DASAR TEORI : Bab ini berisi mengenai tinjauan terhadap dasar teori yang berhubungan dengan permasalahan tesis. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dasar teori ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa sub bab, yaitu sistem instrumentasi uji terbang, klasifikasi parameter uji terbang, metodologi pengembangan perangkat lunak yang akan digunakan, dan tinjauan sistem waktu nyata.
  3. BAB III : ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK : Pada bab ini akan disampaikan tahapan analisis kebutuhan perangkat lunak yang merupakan langkah awal dalam pengembangan perangkat lunak ARTISt. Analisis kebutuhan ini meliputi tinjauan sistem dan CSCI, analisis kebutuhan perangkat lunak, dan analisis kebutuhan antar muka perangkat lunak
  4. BAB IV : PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ARTISt : Pada bab ini akan dibahas perancangan dari spesifikasi kebutuhan perangkat lunak ARTISt khususnya pada bagian pemrosesan dan penyajian data. Perancangan meliputi perancangan global dan perancangan detil perangkat lunak ARTISt. Perancangan perangkat lunak ini menggunakan metode pendekatan obyek.
  5. BAB V : IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK ARTISt : Pada bab ini akan dijelaskan tentang implementasi dari perancangan perangkat lunak ARTISt
  6. BAB VI : PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK ARTIST : Pada bab ini akan dijelaskan mengenai pengujian-pengujian yang dilakukan terhadap perangkat lunak ARTISt
  7. BAB VII : KESIMPULAN DAN SARAN : Pada bab ini akan disampaikan kesimpulan yang bisa diambil selama melakukan proses pengembangan perangkat lunak ARTISt dan penulisan tesis. Selain itu diberikan beberapa saran yang dapat dipergunakan untuk pengembangan lebih lanjut yang lebih baik
  8. DAFTAR PUSTAKA
  9. LAMPIRAN A, LAMPIRAN B, LAMPIRAN C

11 Comments Add yours

  1. Tatang mengatakan:

    Teknologi Informatika atau biasa di singkat TI, tidaklah asing lagi untuk kita terutama bagi kalangan yang profesinya sebagai orang IT, perusahaan konsultan IT, bahkan hampir semua perusahaan mengenal apa itu Teknologi Informatika.

    Teknologi Informatika di sini erat kaitannya dengan dunia komputerisasi, yaitu segala pemrosesan data tidak lagi ditangani oleh manusia melainkan ditangani secara elektronik (dalam hal ini dengan komputer).

    Bersambung soalnya mau pulang…😀

  2. Bayu Waspodo mengatakan:

    Pak Imam,
    Mau ngebantuin saya utk ngajar di http://universitas.mifta.org apa enggak? ntar tak kasih account admin-nya, kalo mau.
    Ini termasuk pemberdayaan umat lho pak… lewat teknologi informasi…

    Wassalaam
    dari teman sesama cpns

  3. Imam Shofi mengatakan:

    Wah, pak Bayu ini langsung banyak komentar nih…🙂.
    Boleh juga pak bantu-bantu semampu saya, apa seikhlasnya ya? hahaha…

    Wassalam,
    memang sudah cpns ya pak? hehe..
    jd malu nih dibilang cpns.
    Yg penting bukan cpnsnya, tp niat & usahanya agar dpt memberi manfaat banyak orang. weleh, opo toh iki.., hehe..

  4. lhs mengatakan:

    ARTISt …..oh ARTISt.
    Semoga isih eling….
    Karo promotore ARTISt

    Lhs

  5. Imam Shofi mengatakan:

    Wah, maha guru ARTISt nih..
    Gimana kabarnya pak Lukman? boleh bagi-bagi project nih..hehe..

    Ims

  6. lhs mengatakan:

    Khabarku baik-baik saja.
    Masalah proyek, japri aja deh.
    Nanti kusempatkan main ke kbu.
    Aku udah pernah ke sana.

    Mau nambahin saja sedikit informasi.
    ARTISt adalah SISTEM, yang terdiri dari Hardware dan Software. Keduanya adalah satu kesatuan solusi untuk men-decode data PCM. Atau bisa juga disebut PCM Decoder.
    Disisi Software, anda telah melakukan re-desain, sesuai dengan kompetensi anda.
    Seiring dengan perkembangan teknologi, SISTEM ini menghadapi masalah. Baik di sisi software, maupun hardware.
    Masalah Software yang bersifat umum adalah :
    1. Software driver (bagian TSR) hanya bisa running di DOS, karena di Windows mempunyai metoda lain dalam membuat device driver.
    2. Ukuran file recording, tidak bisa dibatasi dibawah 1.4MB. Yang memungkinkan kita melakukan transfer data dengan disket. Karena Hard disk sudah berhasil diinstal di pesawat dan ukuran file record sudah bukan masalah lagi buat operator.
    3. Saat operator menyimpan data lebih dari 4MB, maka ukuran file dianggap 4MB. Ini adalah problem saat coding yang belum bisa memperkirakan perkembangan teknologi, terutama dalam menentukan tipe data dan pointer.
    4. dll

    Masalah Hardware diantaranya :
    1. Masih memerlukan EISA bus yang sulit kita peroleh pada PC umum generasi sekarang.
    2. Metoda transfer data dari Card ke PC dengan menggunakan DMA dan Interrupt Controller, sangat real time, tetapi belum berhasil membuat software drivernya untuk Windows.
    3. Programmer untuk FPGA jenis itu (Xilinx dengan 4000 cell) sudah rusak sebulan setelah proyek itu selesai. PCnya rusak dan CD installernya hilang. Duplikasi Card hanya bisa dilakukan dengan meng-copy EPROM dari card yang sudah jalan.
    4. dan masih banyak lagi masalah hardware.

    Kesimpulannya, SISTEM perlu re-desain secara keseluruhan (HW dan SW), agar bisa menghadapi perkembangan teknologi.

    Saat ini aku lagi ‘iseng’ untuk desain SISTEM yang baru dengan platform FPGA-Altera (200.000 cell logic), yang dapat melakukan transfer data ke PC melalui USB, Ethernet, atau media lain yang tidak memerlukan slot PC.

    Untuk itu, aku akhiri dulu ‘keisengan’ ku disini.

    Salam,
    Lhs

  7. akbar mengatakan:

    Assalamu Alaikum
    Maaf sebelum,sedikit kritik. Sepengetahuan saya, istilah Teknologi Informatika itu tidak ada yang betul yaitu Teknologi Informasi dan Teknik Informatika / Teknik Komputer. Emang hal sepele, tp sangat berpengaruh pada arti sebenarnya..
    Makasi.
    Wassalamu Alaikum

  8. hendra mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Yth. Bapak Imam

    Pa, mohon untuk materi perkuliahan semester III (tiD) diposting terlebih dahulu sebelum bapak mengajar. Karena kami ingin membacanya terlebih dahulu…terima kasih pa…
    Wassalam

  9. Indo Canova mengatakan:

    Ass. Pak, gimana kalau mata kuliah kita diposting aja pa? soalnya kalo dikelas biar lebih terfokus pada pendalaman materi aja.

    thanks b4

  10. syaiful kamal mengatakan:

    assalmu’alaikum wr. wb
    pak imam, salam kenal kalo diperkenankan saya dikirimkan lampiran pengujian untuk thesis ini. saya saat ini sedang membuat lampiran untuk TA saya masih bingung dengan format lampira untuk pengujian, terimakasih
    Wassalam.

    IPUL-Jogja

  11. Imam Shofi mengatakan:

    Mas Syaiful,
    Wa’alaikumsalam wr.wb.
    Telah saya lengkapi Lampirannya sesuai permintaan anda. Sebaiknya baca/download juga tulisan saya tentang dokumentasi pengujian di https://imamshofi.wordpress.com/2008/03/26/dokumentasi-pengujian-testing/

    Semoga bermanfaat.

    Salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s